Minggu, 06 Juli 2014

Api Sejarah

Posted by Unknown  |  at  21.24



Rapat Akbar Syarikat Islam di Surabaya
Rapat Akbar Syarikat Islam merupakan kelanjutan dari proses penyerahan kepemimpinan Syarikat Islam yang didirikan oleh H. Samanhudi sejajk 1324 kepada Oemar Said Tjokrominoto. Rapat tersebut menghasilkan keputusan didirikannya Central Syarikat Islam (CSI di Surabaya, Yogyakarta, Bandung). Rapat tersebut juga merupaka bentuk protes terhadap peringatan seratus tahun kerajaan protestan Belanda, yang menarik dana dari rakyat Indonesia yang masih dijajah. Untuk itu, Oemar Said Tjokrominoto menjadikan Syarikat Islam sebagai organisasi politik. Karena penderitaan yang diderita oleh rakyat wajib dijawab dengan gerakan politik dengan tuntutan mendirikan pemerintahan sendiri yakni Indonesia merdeka.
Congres Central Syarikat Islam
                Congres Central Syarikat Islam adalah sebuah kongres yang diadakan di Surabaya pada 1331 H/ 1913  M. Kongres tersebut menghasilkan keputusan pembaharuan organisasi Syarikat Islam di mana CSI bukan lagi hanya sebagai organisasi lokal Surakarta namun juga sebagai organisasi terbuka yang menjangkau seluruh wilayah nusantara dengan menggunakan istilah ‘Hindia Timoer’. Keputusan kongres lainnya adalah dengan menjadikan daerah Surabaya, Yogyakarta, dan Bandung sebagai pusat pembangkit kesadaran nasional. Di mana hal tersebut dibina oleh beberapa tokoh yaitu Oemar Said Tjokrominoto yang dibantu oleh H. Agus Salim, Abdul Muis, W. Wondoamiseno, Sosrokardono, dan Soerjopranoto.
National Congres Central Syarikat Islam
Keputusan kongres di Surabaya tersebut tentu mengancam eskistensi pemerintah kolonial Belanda. Oleh karena itu, dibentuklah gerakan tandingan Syarekat Islam yang dipercayakan kepada Budi Utomo. Di mana Budi Utomo kemudian mengadakan ‘Algemene Vergadering’ di Bandung untuk tujuan Djawanisme. Tentunya hal ini sangat bertentangan dengan cita-cita Syarikat Islam yang menginginkan nasionalisme. Salah seorang tokoh Syarikat Islam Abdul Muis mengkritisi tindakan Budi Utomo tersebut. Namun Budi Utomo tetap pada jawanismenya. Untuk mencegah menyebarnya paham jawanisme Budi Utomo, Syarikat Islam memutuskan mengadakan National Congres Central Syarikat Islam pertama di Bandung. Bertempat di Gedung Concordia / Gedung Merdeka di jalan Asia Afrika. Tujuan diadakannya kongres ini bertujuan untuk mempelopori sosialisasi istilah nasional, juga mempelopori menuntut Indonesia Merdeka dengan istilah pemerintah sendiri (Zelf Bestuur) pada 17 – 24 Juni 1916 M. Di mana dalam pelaksanaanya lebih meriah daripada  ‘Algemene Vergadering’ yang juga diadakan oleh Budi Utomo sebelumnya di Bandung.
Pada Ahad, 18 Juni 1916 M, diadakan juga pawai besar yang berlangsung damai. Saat itu Syarikat Islamlah yang mempelopori nasionalisasi yang disertai dengan penyelenggaran berbagai acara seperti pameran, pawai, dan rapat akbar. Di mana dalam rapatnya, Oemar Said Tjokrominoto menyampaikan pidatonya dengan menggunakan bahasa melayu, berbeda dengan Budi Utomo dalam   ‘Algemene Vergadering’ yang menggunakan bahasa Jawa dan Belanda dalam kegiatannya. Selain itu, pelarangan menggunakan bahasa Belanda oleh para kolonial terhadap para ulama, santri, dan umat dipandang sebagai bentuk pembodohan dan menimbulkan inferiority complex (rasa tidak rendah diri) yang berujung pada upaya Belanda untuk melanggengkan bentuk kolonialisasinya.
Hal ini mendapat pertentangan dari Oemar Said Tjokrominoto. Dalam pidatonya, Tjokrominato menyampaikan beberapa tuntutan yaitu, tidak akan ada lagi perundang-undangan yang dibuat tanpa mengikutsertakan pihak rakyat di mana rakyat diperintah tanpa adanya persetujuan pihak rakyat. Dalam pidatonya, Tjokrominoto juga menambahkan bahwa dirinya bukanlah gambaran Ratu Adil sebagaimana yang diramalkan oleh Jangka Jayabaya. Tapi merupakan interpretasi dari keinginan nasionalisme dan tuntutan pemerintahan sendiri.  

Tagged as:
About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

Terimakasih... Semoga bermanfaat :)

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Total Tayangan Halaman

Pages - Menu

Flickr Images

Popular Posts

About

Flickr Gallery

Popular Posts

back to top