Senin, 07 April 2014

Filosofi Air

Posted by Unknown  |  at  09.10




Oleh  : Ridwan Akbar HI 5A
Air itu tak kenal lelah, diketinggian apapun ia berada. Air juga tak pernah berhenti, sebesar apapun dinding yang menghadang. Jika lurus tidak bisa, maka ia akan berbelok. Jika belok tidak bisa, maka ia akan mencari celah ke atas/bawah. Jika tidak bisa juga, air akan mendobrak dengan arus yang besar. Air begitu kokoh, karena air tidak pernah kehilangan harapan.
Laiknya air dengan semangatnya yang luar biasa, aktivis dakwah juga perlu meneladani pergerakan air. Aktivis dakwah dengan prestasi segudang itu wajar. Aktivis dakwah cenderung bisa memposisikan dirinya dengan kegiatan yang bermanfaat, disaat teman sebayanya “sibuk bersenang-senang”. Aktivis dakwah punya kesabaran yang panjang, karena orientasi mereka ialah janji allah. Kita bisa meneladani karakter air pada kisah Umar bin Abdul Azis.
Mujahid berkata,”Umar bin Abdul Azis berkata kepadaku,”Apa yang dikatakan orang-orang tentangku?” Aku berkata,”Mereka mengatakan bahwa anda terkena sihir.”Dia berkata,”Aku tidak terkena sihir, sesungguhnya aku tahu saat diberi minuman beracun.” Sang khalifah kemudian memanggil budaknya lantas berkata kepadanya,”Celakalah kamu! Apa yang membuatmu tega memberikan minuman beracun kepadaku?” Sang budak menjawab,” Aku mendapat seribu dinar dan dimerdekakan.” Dia berkata,”mana uang itu” Budak itu datang mengambil dan memberikan uang tersebut, kemudian Umar bin Abdul Azis menaruhnya diBaitul Mal. Selanjutnya Umar berkata,”pergilah kamu ke tempat yang sekiranya tidak diketahui oleh seorang pun.
Begitulah kebajikan khalifah Umar bin Abdul Azis dipenghujung hidupnya. Tidak hanya memaafkan budaknya, sang khalifah masih memikirkan nasib budaknya. Karena Air, aktivis dakwah, dan Umar bin Abdul Azis ialah sumber kehidupan. Tidak gentar ketika dihina, tidak mudah terbuai ketika mendapat pujian. Menjadi sumber inspirasi bagi motivasi kehidupan. Memberi, memberi, dan terus memberi.

Tagged as:
About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

Terimakasih... Semoga bermanfaat :)

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Total Tayangan Halaman

Pages - Menu

Flickr Images

Popular Posts

About

Flickr Gallery

Popular Posts

back to top