Minggu, 06 April 2014

Cara Islam Menjemput Kemenangan

Posted by Unknown  |  at  21.31



Islamic_Wallpaper_2__Ramadan_by_t4m3r.jpg
Dalam setiap riwayat perjuangan kaum muslimin, kita dapati bahwa kemenangan demi kemenangan yang diraih kaum muslimin bukan dikarenakan jumlah ataupun bekal logistik mereka, namun sebaliknya, akan kita dapati jumlah dan perbekalan kaum muslimin jauh lebih sedikit dibandingkan jumlah perbekalan musuh. Dapat kita lihat kutipan pesan Abu Bakar kepada panglima ‘Amru bin ‘Ash. Dahulu, kita pernah berperang bersama Rasulullah sedangkan yang kita miliki hanyalah dua ekor kuda. Adapun kita sendiri, waktu itu hanya berjalan di belakang onta. Dalam perang Uhud yang disertai Rasulullah saw pun kami hanya membawa seekor kuda yang ditunggangi oleh beliau saw. Meski demikian, Allah tetap memenangkan dan menolong kita atas orang-orang yang menyelisihi kita.
Sahabat, jika kita menginginkan kemenangan seperti itu, patutlah kita ikuti sebab-sebab kemenangan tersebut. Faktor yang membuat 313 muslim menang melawan 1,000 kafir pada perang Badr, faktor yang membuat 3,000 muslim berhasil menaklukan 200,000 kafir pada perang Mu’tah. Usahakanlah faktor-faktor kemenangan itu!. Ketika pasukan Romawi (dengan jumlah yang sangat besar) luluh lantak oleh umat Islam dalam setiap kancah peperangan, salah seorang pasukan memberi penjelasan pada Raja Heraclius yang murka terhadap pasukannya. Mereka semua bangun menunaikan shalat malam, mereka berpuasa di siang hari, mereka menepati janji, mereka beramar makruf nahi munkar, serta mereka saling tolong-menolong. Juga karena kami semua meminum arak, berzina, melanggar yang haram, menyelisihi janji, berbuat ghashab, berbuat zhalim, menyebarkan perseteruan, meninggalkan hal-hal yang diridlai oleh Allah, serta membuat kerusakan di muka bumi.

Sahabat, bagaimana mungkin umat Islam pada waktu itu dapat dikalahkan, sedang mereka memenuhi semua sebab kemenangan dan kaum kafir itu memenuhi semua sebab kekalahan. Patut kita bertanya, hari ini, adakah kita sebagai salah satu sebab kemenangan Islam? Memerinci sebab-sebab kemenangan Islam secara detail akan menghabiskan banyak halaman. Karenanya, tulisan sederhana ini hanya dapat  menyebutkannya secara global. Sebab-sebab yang melatarbelakangi seluruh kemenangan agung yang dicapai oleh para sahabat dan para tabi’in. Terakhir, cukuplah taujih Syeikh Jum’ah Amin ini menjadi semangat perjuangan untuk kita semua,Yang menjadi ibrah (pandangan dan I’tibar) tidaklah terletak pada pelaksanaan tugas, tetapi, didasarkan pada kecintaan kita kepada tugas-tugas ini.

Sahabat, patut kita ketahui, bahwa kecintaan terhadap langkah juang ini yang akan melipatgandakan setiap daya dan upaya kita. Bukan seberapa besar keringat, bukan semata beratnya tanggung jawab. Semoga kita termasuk orang-orang yang mencintai setiap langkah perjuangan yang kita lakukan. Amiin.

By : Pandu Wibowo
 Mahasiswa Politik Semester 5

Tagged as:
About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

Terimakasih... Semoga bermanfaat :)

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Total Tayangan Halaman

Pages - Menu

Flickr Images

Popular Posts

About

Flickr Gallery

Popular Posts

back to top